STOP MENGELUH !!! NIKMATI RUTINITAS

Kumandang adzan subuh selalu membangunkan setiap insan yang sedang terlelap tidur. Namun kumandang adzan subuh di Senin pagi selalu berbeda dengan kumandang adzan subuh di sabtu pagi. Selalu saja tiap malam senin, saya mendapati status Recent Updates dari teman-teman di BBM dengan tulisan "Yah, sudah senin lagi", atau dengan kalimat "Bisa tidak weekendnya ditambah". Bahkan ada yang sampai menuliskan memakai hukum fisika (entah fisika mana yang dia pakai), dengan kalimat "Sabtu ke Senin itu hanya 3 hari, mengapa Senin ke Sabtu itu butuh 5 hari?"

Kalimat-kalimat keluhan tersebut muncul akibat kejenuhan dalam beraktifitas. Salah satu penyebabnya adalah karena aktifitas yang dilakukan adalah kegiatan rutin yang dilakukan berulang-ulang tanpa adanya variasi maupun selingan yang sebetulnya ini dibutuhkan oleh manusia. Variasi aktifitas merupakan salah satu pendongkrak semangat atau doping untuk mengembalikan semangat kerja dan beraktifitas. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk break the routines tersebut?

1. Lihat Yang Hijau


Bagi yang berjam-jam di depan laptop (biasanya mahasiswa tingkat akhir / karyawan kantoran) akan sangat cepat terjangkit kebosanan akut. Wajar kalau kebosanan tersebut melanda, namun mau tidak mau tentu pekerjaan tersebut harus tetap dikerjakan kan? Nah, salah satu cara menyegarkan kembali mood adalah dengan keluar ruangan dan melihat yang hijau-hijau, seperti taman bunga atau sekedar pepohonan di sekitar kampus/kantor. Bagi yang kerja di rumah, bisa juga meluangkan waktu sejenak untuk menengok bunga di depan rumah atau sekedar pergi ke sawah terdekat. Tanggalkan semua gadget dan pekerjaan. Nikmati waktu dengan melihat lukisan Tuhan ini. 

2. Bermain Dengan Teman, Saudara / Pacar


Ketika jenuh, tentu kita membutuhkan seseorang untuk bisa diajak bercakap-cakap atau melakukan kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan tersebut. Salah satu yang bisa dilakukan adalah bercanda dengan teman, keponakan, atau pacar sendiri. Buatlah humor atau bermainlah gitar bersama orang-orang terdekat. Dengan melakukan aktifitas ini, kejenuhan akan berangsur hilang.

3. Kuliner


Cara yang satu ini mungkin terdengar cukup aneh. Tapi bagi sebagian kalangan, ketika mereka jenuh dan membutuhkan break the routines maka wisata kuliner bisa menjadi alternatif pilihan menghilangkan stress dan jenuh. Carilah kuliner yang khas dari tempat tinggalmu. 

4. Ambil Cuti, LIBURAN !


Untuk apa anda bekerja keras mengumpulkan uang kalau anda sendiri tidak bisa menikmati uang tersebut? Ambillah cuti kerja dan rencanakan liburan di tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Gunung, Pantai, Hutan, atau apapun tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Ingat, jangan bawa pekerjaan anda saat liburan. Nikmati tiap momen dalam liburan anda. Setting email anda dengan format autoreply yang mengabarkan anda sedang berada diluar kota. Sehingga kerabat, rekan kerja tidak mengganggu liburan anda dengan kiriman tugas dan pekerjaan.

5. Telpon Orang Tua


Kebosanan dan kejenuhan bisa jadi muncul karena anda lama tidak berinteraksi dengan orangtua. Anda terlalu sibuk dengan rutinitas dan pekerjaan anda. Oleh karena itu, istirahat sejenak dan telpon mereka. Tanyakan kabar mereka, aktifitas mereka, masak apa mereka, dan hal-hal lain yang membuat anda bisa kembali terngiang wajah bangga mereka terhadap apa yang sedang anda tempuh. Tapi hati-hati, bagi yang sudah bekerja atau di semester akhir, mungkin anda justru akan balik dipojokkan dengan pertanyaan "Sudah punya pacar belum? Kapan nikah?" #Eh

6. Sholat dan Baca Al-Quran


Bagi anda yang muslim, cara ini sangat dianjurkan. Karena bagaimanapun kondisi kita, maka sesungguhnya itu semua berpulang pada yang menciptakan diri kita. Menghadaplah Dia, bacalah firman-firman-Nya, serta perbanyak mengingat nama-Nya. Karena dengan mengingat-Nya maka hati akan menjadi tentram.

Itu tadi beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk bisa keluar dari kejenuhan dan beistirahat untuk mengembalikan mood kita. Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa dilakukan, tergantung bagaimana masing-masing individu melihat dirinya sendiri. Manusia bukanlah robot, bukanlah mesin, juga bukanlah benda mati lainnya. Manusia adalah makhluk yang memiliki akal-pikiran yang ada batas kewajaran untuk bekerja. Ketika kewajaran sudah berada di titik nadir, maka segeralah ambil kegiatan-kegiatan yang bisa me-refresh semangat anda. Komputer saja membutuhkan click Refresh, masa' manusia tidak perlu?

Bengkulu, 20 Januari 2015

dR.

*Sumber Gambar dari : 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
*Artikel dibuat untuk dipakai dalam ajang L'Oreal Men Expert Challenge 

Share:

0 komentar