PROGRAM KULIAH MAGANG KERJA DI TAIWAN ; BENAR ATAU PENIPUAN?

Baca Juga

Saya beberapa kali dihubungi oleh rekan saya dari Indonesia (juga beberapa sedang bekerja di Taiwan) menanyakan tentang validitas informasi yang beberapa waktu ini sedang heboh di kalangan masyarakat. Informasi itu adalah tentang adanya sekelompok orang yang menawarkan kepada masyarakat untuk berkuliah sembari bekerja di Taiwan atau yang dikenal sebagai program kuliah magang kerja di Taiwan. Bagi beberapa orang, tawaran ini terlihat cukup menarik, apalagi mereka di tawari dengan segudang fasilitas yang menurut saya pribadi rada tidak masuk akal.

Namun bagi sebagian masyarakat yang lain, tawaran ini juga dirasa janggal, karena ditawarkan oleh orang yang mengaku perwakilan dari PT. XXX (disamarkan). Mereka menanyakan keshahihan informasi ini karena merasa tidak masuk akal bahwa perwakilan kampus di luar negeri kok melakukan rekrutmennya door to door dan dilakukan oleh orang Indonesia melalui sebuah PT. Modus ini dirasa mirip dengan rekrutmen tenaga kerja yang kemudian dipekerjakan secara illegal di luar negeri.

Contoh brosur penawaran Program Kuliah Magang Kerja di Taiwan yang beredar di masyarakat
(Sumber : Dokumen Pribadi)
Hal-hal yang dirasa janggal tadilah yang kemudian membuat beberapa teman saya kemudian menanyakan kebenaran informasi tersebut, karena dikhawatirkan jika ini adalah bentuk penipuan dan modus untuk human trafficking dengan kedok kuliah kerja magang di Taiwan.

Lalu sebenarnya apakah benar program ini benar-benar ada di Taiwan? Atau ini hanya sekedar bentuk penipuan? Berikut saya sarikan beberapa hal terkait informasi ini, berdasarkan diskusi saya dengan salah satu staff perwakilan Indonesia di Taiwan.

Apa Itu Program Kuliah Magang Kerja?

Program ini adalah program baru dari pemerintah Taiwan yang mengizinkan warga negara Indonesia untuk melakukan magang kerja sembari berkuliah setingkat Strata 1 (S-1) di perguruan tinggi di Taiwan yang sudah memiliki kerjasama dengan lembaga terkait. Program ini adalah turunan dari kebijakan “New Southbound Policy” yang gencar dilaksanakan sejak Presiden baru Taiwan terpilih pada tahun 2015.

Program kuliah magang kerja menempatkan para mahasiswa ini di asrama mahasiswa yang disediakan oleh kampus yang kemudian diberikan akses yang sama dengan mahasiswa internasional lainnya untuk belajar di kampus tersebut. Namun selain belajar, mahasiswa tersebut juga melakukan kegiatan magang kerja di perusahaan atau lembaga pelatihan yang sudah memiliki kerjasama dengan lembaga sponsor yang memberangkatkannya.

Bagaimana Cara Mengikuti Program Ini?

Bagi yang ingin ikut program ini, bisa mendaftar melalui Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jakarta. Program ini biasanya diinformasikan melalui website-website resmi. Selain itu, program ini juga biasanya dijalankan / dibantu oleh lembaga non-profit yang sudah diakui oleh TETO Jakarta, sehingga penyelenggaraannya legal / resmi.

Berapa Biaya Yang Harus Dibayarkan?

Program ini pada dasarnya adalah program subsidi silang, dimana biaya pendidikan selama di Taiwan dibayarkan melalui gaji magang dan kerja, sehingga ini akan meringankan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa masih harus membayar untuk pembuatan paspor, visa resident, dan medical check-up di Indonesia. Sedangkan untuk pendaftaran, tidak ada biaya yang dibayarkan atau gratis.

Di Taiwan Kuliah Dimana?

Sejauh yang saya tahu, baru ada beberapa universitas di Taiwan yang menerima mahasiswa dengan program ini, salah satunya yaitu Chien Hsin University of Science and Technology yang terletak di Kota Taoyuan, Taiwan. Mahasiswa diberikan kesempatan mengambil program S1 selama 4 tahun dan lulusannya mendapatkan gelar Bachelor of Science (B.S)

Kampus Chien Hsin University of Science and Technology (Photo : Wikipedia)

Kapan Waktu Kuliah dan Magangnya?

Dalam satu minggu, mahasiswa berkuliah selama 4 hari. Kemudian 1-2 hari untuk magang kerja, dan 1 hari untuk libur / istirahat. Waktu 4 hari ini mutlak harus dipenuhi untuk kuliah karena statusnya yang diberikan Visa Foreign Student sehingga waktu magang hanya 2 hari saja, tidak boleh terbalik (4 hari magang kerja dan 2 hari kuliah).

Siapa Operator Resmi dari Program ini?

Hingga saat ini, baru ada 1 lembaga yang resmi terdaftar dan diberikan izin oleh TETO Jakarta dan diketahui oleh perwakilan Indonesia di Taiwan untuk menyelenggarakan program ini, yaitu YPN Bhakti Jaya Indonesia (BJI). Ketua Yayasan ini adalah Mas Bambang Nurfauzi yang sejak 2013 menetap di Taiwan untuk menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan bagi warga negara Indonesia di Taiwan.

Bagaimana Prosedur Pendaftarannya?

Bagi yang berminat, bisa mendaftar langsung melalui website TETO Jakarta atau menghubungi lembaga yang sudah memperoleh izin dari TETO Jakarta. Setelah mendaftar, tiap calon mahasiswa akan diseleksi dan diwawancara / interview langsung oleh TETO Jakarta.

Bagaimana Membedakan Lembaga Resmi dan Tidak Resmi?

Saat ada orang atau lembaga yang menawarkan program kuliah magang kerja di Taiwan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan / dilakukan :

  1. Tanyakan tentang legalitas lembaga / organisasi tersebut (Badan Hukumnya, Perizinannya) dari Pemerintah Indonesia sebagai penyelenggara pendidikan (mintakan bukti tertulis). Lembaga resmi adalah penyelenggara pendidikan (biasanya berupa Yayasan Pendidikan), bukan Agency atau Perusahaan Pencari Tenaga Kerja)
  2. Tanyakan tentang izin dari TETO Jakarta terkait penyelenggaraan program kuliah magang di Taiwan ini (mintakan bukti tertulisnya)
  3. Tanyakan tentang seleksi dan interviewnya (Yang menyeleksi adalah langsung dari TETO Jakarta, bukan dari lembaga / perusahaan / organisasinya)
  4. Program kuliah magang kerja yang resmi tidak ada pembayaran dimuka, karena biaya kuliah dibayarkan melalui gaji magang tersebut. Sehingga perlu diperjelas tentang masalah biaya. Selain itu, calon peserta hanya cukup membayar pembuatan paspor, visa, dan medical check-up saja (Jika semua diurus sendiri, maka biayanya tidak sampai 2 juta rupiah)
  5. Visa yang didapat adalah Visa Pelajar, bukan Visa Pekerja
  6. Setiap peserta program ini akan diberikan Letter of Acceptance (LoA) resmi dari kampus di Taiwan sebagai bukti diterima sebagai mahasiswa. LoA ini nantinya akan digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan Visa Foreign Student ke Taiwan

Walaupun hal-hal terkait sudah dipaparkan diatas, namun kita harus tetap waspada terhadap semua bentuk penawaran yang ada. Karena modus kejahatan sekarang dilakukan dengan berbagai cara. Dan kasus penjualan manusia atau human trafficking adalah salah satu kasus serius yang masih saja terjadi di Indonesia. Modusnya dengan berbagai cara, bisa dengan diiming-imingi dengan kerja bergaji tinggi, kerja sambil kuliah, maupun tawaran-tawaran lain yang diluar nalar.

Sebagus-bagusnya kampus di Taiwan dan sebesar-besarnya beasiswa yang didapat di Taiwan, kita disini tetaplah sebagai mahasiswa dan perantauan. Tidak ada fasilitas lux untuk itu, karena disini kita untuk belajar, bukan untuk menghabiskan uang tanpa tujuan. Sehingga perlu dimaklumi bahwa segalanya yang ada disini harus dimaknai sebagai laku priatin. Semoga bermanfaat !

Share:

36 komentar

  1. kalo pt. sinar mutiara bangsa itu berarti penipuan pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu juga. Harus dicek ke pihak2 terkait apakah legal atau tidak.

      Hapus
  2. Sama pak. Ini saya juga dapat tawaran yg sama sperti itu? Biaya kisaran 18jt +
    Sebaiknya saya tanya gimana dulu pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanya dulu keabsahannya mas. Karena banyak peserta program magang kuliah yang sudah disini ternyata mengeluh karena tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan saat sebelum berangkat.

      Hapus
    2. Banyak yang jadinkorban saat sekarang mahasiswa yang ada disana tidak gratis tetap harus bayar per semester habis 80 juta kalau di rupiahkan

      Hapus
  3. Dalam waktu dekat ini disuruh medical.

    BalasHapus
  4. Saya juga dapat tawaran kuliah+kerja di taiwan melalui pt sinar mutiara bangsa.. apakah itu benar atau tidak pa? Soalnya dalam waktu dekat ini mau medikal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum pak? Ini saya udh beres Passport sama Medical. Tinggal nunggu turun Visa Melalui PT.Sinar Mutiara Bangsa? Apakah ada kejanggalan pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah beres dan berangkat? Soalnya saya juga dapat tawaran ini, boleh minta infonya? Ini WA saya 0831-4060-3263

      Hapus
  7. Anak saya jg dpet beasiswa nya dri sinar mutiara bangsa,,, tpi dri smk nya penawaran nya, baru mulai persiapan

    BalasHapus
  8. Anak saya jg dpet beasiswa nya dri sinar mutiara bangsa,,, tpi dri smk nya penawaran nya, baru mulai persiapan

    BalasHapus
  9. Anak saya sekarang lagi tunggu jadwal keberangkatan. Katanya visa pelajarnya sudah keluar. Cuma belum tahu tgl berangkat. Aneh ga? Btw saya di Medan, jadi ga bisa cek keberadaan PT itu. Ada yang sudah cek langsung ke kantor PT nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah beres dan berangkat? Soalnya saya juga dapat tawaran ini, boleh minta infonya? Ini WA saya 0831-4060-3263

      Hapus
    2. Belum berangkat juga. Tadi pagi diinfokan kalau anak saya dibookingkan tiket untuk keberangkatan tgl 22 tapi tiket belum issued. Jadi masih belum pasti juga. Kamu sendiri dari daerah mana?

      Hapus
    3. Adek sy berangkat ke taiwan tgl 16 sept..temenya tgl 19 sept..alhamdullilah dari pt.sinar mutiara bangsa,mereka sudah mulai kuliah dan fasilitas justru lebih dari yg dibayangkan sebelumnya...KALAU PENIPUAN RASANYA TIDAK MUNGKIN..buktinya pada berangkat dan memang terdaftar di universitas anak" nya

      Hapus
    4. Adik saya pun lewat PT sinar Mutiara bangsa dan baik2 saja kuliah dan magang berjalan alhamdulillah lancar dan dokumen siswa disana benar2 kuliah magang dr Arc KTP sma kartu mahasiswa, ijin kerja, asuransi kesehatan lengkap sesuai persaturan pemerintah Taiwan..

      Hapus
  10. Kalo saya dapet tawaran dari sekolah langsung. Itu beneran ga ya? Mau ikut tapi ragu 😂

    BalasHapus
  11. Saya juga ikut ke bandara mengantar adek sy...nyata dan bukan penipuan ah..pt.sinar mutiara bangsa..aselii

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak boleh minta email atau no wa nya , saya mau tanya tentang program tsb karena saya juga berminat mba kuliah sambil magang di Taiwan TERIMA KASIH MBA MOHON BANTUANNYA

      Hapus
    2. no wa saya 0895415128629

      Hapus
  12. Saya juga ikut ke bandara mengantar adek sy...nyata dan bukan penipuan ah..pt.sinar mutiara bangsa..aselii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi mbak. Bisa minta kontak nya? Kakak saya berniat kuliah magang lewat PT sinar mutiara bangsa soalnya. Mau tanya tanya kalau bisa. Terimakasih

      Hapus
  13. Benar, anak saya berangkat tgl 22 Sept dan sudah mulai kuliah sejak tgl 26 sept. Fasilitas asrama dan kampus sangat bagus. Anakku pun enjoy di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi ibu. Bisa minta kontak nya? Kakak saya ada niat kuliah magang dari PT Sinar mutiara bangsa soalnya. WA saya 087852456426. Terimakasih sebelumnya.

      Hapus
  14. Selamat pagi Mas Andi, saya mau tanya apakah program ini benar adanya, anak saya lulusan d3 PNJ jurusan Teknik elektro, dapat biasiswa S1 di Chien Hsin university, ini prodram dari kampus pnj, seleksi sdh berjalan di kampus dan wawancara sdh dilaksanakan di kementrian ristek, katanya berangkat bulan Februari 2018, apakah ini benar ? Mohon pencerahannya mas. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  15. saya angkatan pertama di program ini.. memang benar kita disini terdaftar sebagai mahasiswa resmi tetapi saya mendapatkan pengalaman yg buruk mungkin karena saya yang pertama di program ini jd belum ada referensi dari angkatan diatas saya. saya dikenakan biaya (oleh orang yg mengurus saya ke taiwan) sebesar 40 juta. dan itu menurut kampus kami terlalu mahal. dan masih banyak cerita suka duka lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuda masuk tahun berapa ya? Sepupu saya 18 Februari ini berangkat. Semua2 dokumen diurus di UNS Solo. Jadi dia merasa gak ada yang aneh, padahal bayar 35 juta. Saya bilang 35 jt banyak kalau untuk kuliah di Solo cukup itu sampai lulus.

      Hapus
    2. halo.. saya angkatan pertama masuk yahun 2017.. kalo boleh tahu bayar 35jt itu di taiwan masih kena potongan apa tidak ? untuk lebih jelasnya bisa kontak ke instagram saya 'addidara' .. saya bersedia untuk berbagi cerita saya disini.. memang dulu saya pada saat mau berangkat tidak ada yg saya rasa aneh.. hanya saja setelah di taiwan merasa program ini belum dipersiapkan secara sistematis. (ini sesuai dengan pandangan pribadi saya)

      Hapus
  16. Kenapa harus melalui PT.karena setau saya progam ini tidak boleh melalui agncy atau PT.

    BalasHapus
  17. bagimana dengan orang yang sudah mengikuti program ini tapi ada kemauan untuk pindah univdan univ nya apa harus balik indo dulu kah mohon penjelasanya ,

    BalasHapus
  18. Disini ada lulusan chien hsin university gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya keluar karna merasa janggal.

      Hapus
  19. Di sekolah saya juga ada tawaran yang seperti itu.. kuliah kerja di taiwan di yuanpei university... Tapi sistem nya kita pinjem uang dulu ke PT nya 340 juta itu buat dipake kebutuhan kita selama 4 tahun.. dibayar nya ya dipotong dari gaji kita... Itu gimana ya kak?

    BalasHapus