TAIBAO SEA FLOWERS ; TAMAN BUNGA DADAKAN DI KOTA CHIAYI

Kota Chiayi merupakan satu kota kecil yang diapit oleh 2 kota besar di Taiwan, yaitu Taichung dan Tainan. Mungkin bagi sebagian wisatawan, Chiayi tidak masuk dalam list kunjungan wisata mereka. Paling banter adalah Gunung Ali atau dalam Bahasa local disebut Alishan yang memang sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata di Taiwan. Namun sebenarnya, Chiayi memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, satu diantaranya adalah Taibao Sea Flowers.
Taibao Sea Flowers (Photo : Dokumen Pribadi)


Taibao Sea Flowers adalah spot wisata berupa taman bunga yang cukup luas yang hanya ada 2 kali dalam setahun, yaitu pada musim gugur dan musim semi. Taibao sea flowers berada di distrik Taibao tengah. Tempat ini sebenarnya adalah lokasi persawahan milik masyarakat. Namun saat pasca panen, sembari menunggu musim tanam datang, lokasi ini ditumbungi oleh berbagai macam bunga berwarna warni. Kebanyakan adalah jenis bunga krisan.

Di Taiwan sendiri, saat musim semi seperti ini, bunga-bunga krokot atau model bunga krisan seperti ini banyak yang tumbuh secara liar di persawahan yang telah selesai dipanen. Tidak ada yang menanam sebenarnya, namun tumbuh secara liar dan merata akibat dibawah oleh angin. Di Taiwan sendiri ada beberapa lokasi “Lautan Bunga”, sebut saja Xinshe Sea Flowers yang berada di Taichung. Tiap tahunnya, lokasi-lokasi ini dibuat semacam festival bunga dan mampu menarik wisatawan local maupun asing untuk datang kesini.
 
Taibao Sea Flowers (Photo : Dokumen Pribadi)
Di Taibao sea flowers sendiri, ada masyarakat yang kemudian mengkoordinir untuk mempercantik lokasi ini dan memberikan semacam pagar pembatas dari tali agar para pengunjung tidak masuk ke areal bunga, agar tidak menginjak-injak bunga yang tumbuh. Kita masih ingat, bagaimana dulu di Jogja ada satu taman bunga yang tumbuh dan berwarna warni. Saat photonya viral, lantas pengunjung banyak yang berdatangan, dank arena [mungkin] tidak diberi pembatas, sehingga banyak bunga yang terinjak dan akhirnya mati. Disinilah fungsi pembatas dan larangan untuk masuk keareal bunga tumbuh agar bisa dinikmati hingga musim berganti.

Bagi yang ingin mengunjungi Taibao Sea flowers, pengunjung bisa naik bus BRT (Shuttle Bus) nomor 7324 dengan tujuan Chiayi HSR Station dari Chiayi Bus Station. Nanti turun di Chiayi HSR Station dengan biaya sekitar NTD 70,-. Pengunjung bisa memakai kartu Yoyo Card atau iCash, atau Easy Card. Bisa juga membayar langsung saat naik.  Sesampainya di HSR Station, pengunjung diharuskan jalan kaki sekitar 1,5 Km ke arah selatan (Chiayi City) karena tidak ada bus yang berhenti di dekat lokasi taman bunga tersebut.
 
Taibao Sea Flowers (Photo : Dokumen Pribadi)

Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya (by pass), membuat pengunjung yang tidak membawa motor sedikit kerepotan, karena harus berjalan 1.5 Km tersebut. Jadi, bagi yang dari luar kota, bisa disarankan menyewa motor di depan stasiun kereta api Chiayi dengan harga NTD 200 untuk 12 jam. Perjalanan dari pusat kota Chiayi hingga ke lokasi sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor. Jika memakai bus dan diteruskan dengan jalan kaki, memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Namun, keindahan lautan bunga membuat rasa capek akan perjalanan yang cukup lama ini, menjadi tidak terasa. Pengunjung diperbolehkan berswafoto di lokasi dengan catatan tidak masuk ke areal persawahan dimana bunga tumbuh. Tidak ada biaya masuk alias gratis. Dan perlu diingat bahwa taman bunga ini hanya ada selama 2 minggu – 1 bulan saja sampai musim tanam padi sudah datang.

So, sudah siap bertualang di Chiayi? Jangan nyasar ya. Hehehehe……….

Taibao Sea Flowers (Photo : Dokumen Pribadi)

Share:

1 komentar

  1. Kak ini sma museum gerbang selatan belakang Rs cang gung memorial sblah mna. Kk q baru denger hehehe

    BalasHapus