NAPAK TILAS LOKASI KAMPUS FILM METEOR GARDEN

[ANDIAZHAR.COM] Di tahun 2000an, ada satu film serial (sinetron) dari Taiwan yang cukup ngehits di kalangan remaja dan anak muda Indonesia. Film ini berkisah tentang anak remaja Taiwan yang memiliki Geng bernama F4 di kampus Ying De Dazhue dan menyukai seorang mahasiswi di kampus yang sama. Film ini berjudul Meteor Garden. Nah, mungkin bagi orang seperti saya yang besar dengan film ini, pernah punya bayangan untuk bisa pergi kesini pada suatu waktu, hehehehe……..

Kampus Yin De University ini sebenarnya tidak ada di Taiwan. Ini hanya sebuah rekaan semata. Namun lokasinya memang benar-benar ada. Nama kampus ini sebenarnya adalah National Chung Cheng University yang berlokasi di District Minxiong, Kota Chiayi, Taiwan. Kampus ini adalah salah satu kampus terbesar dan terluas yang ada di Taiwan. Dan bisa jadi karena landscapenya yang indah, maka lokasi ini dijadikan lokasi syuting film tersebut.
 
Air Mancur di dekat Rektorat Kampus NCCU (Foto : Dokumentasi Pribadi)
Setelah memasuki pintu gerbang utama, kita akan disuguhkan dengan gedung-gedung bertingkat yang kesemuanya memiliki semacam beton landau diatasnya. Menurut salah satu teman yang berkuliah disana, beton ini bisa jadi adalah sebagai penyeimbang atau penjaga beban saat terjadi gempa bumi. Sebagai informasi, Taiwan adalah negara yang cukup sering dilanda gempa. Sehingga konstruksi bangunan-bangunan di Taiwan sangat memperhatikan keamanannya saat terjadi gempa bumi.

Di ujung jalan masuk, kita akan disuguhi gedung rektorat kampus tersebut yang menurut saya desainnya mirip dengan bangunan-bangunan yang ada di Bali. Jika diperhatikan secara seksama, model bangunan ini mirip candi yang berundak dengan ornamennya yang mirip dengan ornament yang ada di Bali. Di gedung rektorat ini, San Chai dan Hua Zhe Lei terlibat beberapa kali adegan seperti dalam episode 3 dan 4.
 
Lapangan Hijau Kampus NCCU (Foto : Dokumentasi Pribadi)

Tidak jauh dari gedung rektorat, terdapat air mancur yang saat sore hari akan dihiasi dengan lampu warna-warni. Air mancur ini adalah tempat dimana F4 diwisuda di kampus tersebut. Juga ada beberapa kali adegan antara San Chai dan Dao Ming Tse yang sedang terlibat cekcok di depan air mancur ini.

Setelah berjalan sekitar 10 menit, kita akan sampai di jalanan yang dipenuhi oleh pohon-pohon rindang di kanan kirinya. Kontur jalan yang naik turun semakin menjadikan landscape kampus ini Nampak indah dipandang dari ujung jalan. Di Episode 1 dan 2, tempat ini sering dijadikan latar cerita antara San Chai dan personil F4 dimana San Chai Nampak sedang mendorong motor lalu melintas personil F4 yang sedang melintas menggunakan mobil mewahnya.

Berjalan ke sisi kiri, kita akan disuguhkan oleh lapangan hijau yang sangat luas untuk ukuran sebuah universitas. Lapangan ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bermain dengan keluarga saat akhir pekan. Sebagai informasi, sangat jamak di Taiwan, kampus-kampus dijadikan tempat berwisata bagi masyarakat dan keluarganya saat akhir pekan sembari bermain dengan anak-anak maupun binatang peliharaan. Sepintas lapangan ini mirip seperti lapangan golf, namun lebih luas dari itu.
 
Rektorat Kampus NCCU (Foto : Dokumentasi Pribadi)
Disebelah lapangan, ada lapangan baseball berstandar Internasional yang dikelilingi oleh arena untuk berlari. Jika diperhatikan, kedua lapangan ini adalah syarat wajib yang harus ada di sekolah maupun universitas di Taiwan. Kemudian di masih di kompleks lapangan tersebut, ada sebuah gedung bertingkat dimana disana banyak diambil adegan untuk beberapa episode awal film Meteor Garden, seperti saat ada 2 orang perempuan yang bersaing untuk memakai asesories dan pakaian bermerek.

Jika kita berjalan lebih ke tengah, terdapat danau / kolam yang diatasnya ada jembatan. Ini adalah Icon dari kampus NCCU. Lokasi ini sering juga dijadikan arena photo prewedding.

Lokasi kampus National Chung Cheng University sendiri terletak di atas bukit di kawasan distrik Minxiong. Dengan dikelilingi oleh banyak pepohonan dan kebun-kebun milik masyarakat, menjadikan udara dan suhu disini cukup sejuk dan dingin. Jika ingin mengelilingi kampus ini, disarankan untuk memakai sepeda, karena luasnya area.
 
Salah Satu Jalanan di Kampus NCCU (Foto : Dokumentasi Pribadi)


Bagi yang ingin berkunjung ke kampus ini, bisa menggunakan Kereta Lokal / Kereta Lambat dengan berhenti di Stasiun Kereta Minxiong, lalu meneruskannya menggunakan bus dengan tujuan kampus National Chung Cheng University. Namun bagi yang ingin menggunakan bus langsung dari Kota Chiayi, saat ini sudah ada bus langsung dengan biaya 70 – 80 Taiwan Dolar. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi kampus ini untuk merasakan sensasi berlibur yang berbeda dari biasanya, karena disini kampus adalah justru yang dijadikan objek wisatanya. Hitung-hitung sekalian napak tilas memori masa kecil saat kita bersorak-sorak tatkala film ini tayang di sore hari. He..he…he…..

Share:

0 komentar